LUBUK BASUNG – Tahun ajaran 2021/ 2022 program PBD (Pintar Bersama Daihatsu) mulai dilaksanakan di SMKN  2 Lubuk Basung . Pihak sekolah  serius mendukung secara aktif dan melaksanakan Program Pintar Bersama Daihatsu. Dengan menjunjung tinggi kedisiplinan, kejujuran, dan berbudaya karakter yang baik akan membentuk siswa menjadi insan yang cakap dan bijak dalam mengambil keputusan.

Dalam rangka memelihara lingkungan sekolah yang hijau, bersih, indah dan sehat, sekolah mulai menerapkan sistem Jalur Hijau khusus untuk pejalan kaki di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, demi menciptakan sekolah sebagai kawasan industri, bengkel tempat praktik siswa juga mengalami pembenahan dari berbagai sisi. Dengan penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak negara di seluruh penjuru dunia. program ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang. Menurut  Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 2 Lubuk Basung  “Pintar Bersama Daihatsu ini  memaksa kita semua untuk mengiikuti budaya industri 5R/5S. Budaya 5R tidak hanya untuk bengkel otomotif tetapi untuk semua lembaga sekolah/ruang kantor”. Semoga Program Pintar Bersama Daihatsu ini bisa membawa perubahan yang signifikan terhadap kedisiplinan, kejujuran, dan berbudaya karakter yang baik terhadap semua elemen sekolah.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 14 – 16 April 2022 bertujuan agar sekolah dapat menerapkan budaya industri dan menerapkan kurikulum pintar bersama daihatsu binaan PT. Daihatsu Motor.kegiatan dilakukan dibagi dalam 2 bagian yaitu Penguatan budaya industri dan Integritas kurikulum Industri dengan kurikulum Nasional

Workshop “Pengembangan Karakter dan Penguatan Budaya Industri Berbasis Profil Pelajar Pancasila serta sinkronisasi kurikulum SMKN 2 Lubuk Basung  dengan “PT. Astra Daihatsu.” Berlangsung di Ruang Majelis guru SMKN 2 Lubuk Basung dibuka oleh Bapak Amri M.Pd. selaku Pengawas Akademik Cabang Dinas Wilayah I, dan diisi pemateri Bapak Irman Tanjung selaku koordinator wilayah 1 area Sumatera PT. Daihatshu motor dihadiri Oleh Pengawas Akademik Cabang wilayah 1 Bapak Amri, M. Pd dan H. Defliandi dari Komite Sekolah.

Workshop Integritas Kurikulum Industri dengan Kurikulum nasionalbersama Bpk. Hazairin dari Astra Daihatsu Pusat Jakarta, selanjutnya disebut: “Kurikulum Pintar bersama Daihatsu”, Sebagai acuan standart Kurikulum SMK Binaan PT. Astra Daihatsu Motor, pemberlakuan “Kurikulum Pintar Bersama Daihatsu” di sekolah Binaan PT. Astra Daihatsu Motor, berupa implementasi konten. Soft skill untuk semua mata pelajaran seluruh kompetensi keahlian dan Hard skill di Kompetensi Keahlian TKR, tutur Wakil Kurikulum Desnawati, SP dan Kepala Kompetensi Keahlian TKRO, Hendri Mulyadi, S.Pd.

Pintar Bersama Daihatshu (PDB) Menerapkan Budaya Kerja 5S Dan Integritas Kurikulum Industri dengan Kurikulum nasional di SMKN 2 Lubuk Basung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.