Focus Group Discussion (FGD) Pencegahan Kenakalan Remaja, LGBT Dan Sex Bebas Di Lingkungan SMK Negeri 2 Lubuk Basung Dan Penanda Tanganan Fakta Integritas Dengan Wakil Masyarakat Dan Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Agam

SMM – Kasus-kasus kenakalan remaja, LGBT dan sex bebas saat ini semangkin mengkhawatirkan. Oleh karena itu, banyak pihak berusaha untuk mencari solusi atau pencegahan sebagai upaya mengurangi tingkat kenakalan remaja dilingkunagan sekolah. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kenakalan remaja harus dilakukan oleh berbagai pihak terkait, termasuk dari keluarga, pemerintah, sekolah, dan masyarakat.

Beberapa upaya pencegahan kenakalan remaja di sekolah, yaitu:

  1. Menguatkan sikap mental remaja agar mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapinya.
  2. Memberikan pendidikan tidak hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pendidikan mental, pribadi, agama dan budi pekerti.
  3. Menyediakan sarana dan menciptakan suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar.
  4. Menyelenggarakan kelompok diskusi dengan memberikan kesempatan mengemukakan pandangan dan pendapat para remaja dan memberikan pengarahan yang positif.
  5. Mendirikan tempat latihan untuk menyalurkan kreativitas para peserta didik

Upaya pencegahan kenakalan remaja di keluarga dan masyarakat, sebagai berikut:

  1. Membangun hubungan yang baik dengan anak, yaitu hubungan yang suportif.
  2. Memberikan wawasan dan pemahaman tentang perkembangan remaja, terutama yang berkaitan dengan aspek-aspek psikologis.
  3. Membuat aturan yang tegas ajarkan tanggung jawab dan berikan pujian padanya jika dia mau mengakui kesalahannya.
  4. Remaja harus diajari untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan dan apabila mereka mau mengakui kesalahan nya, jangan ragu untuk memberikan pujian padanya. Diharapkan, anak dapat lebih baik lagi dan tidak mengulang kesalahannya lagi.
  5. Menjadi sosok panutan yang baik, apabila orang tua ingin anak remajanya berperilaku baik, maka berperilakulah baik pula. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mencegah kenakalan remaja.  Menjadi orang tua yang selalu ada untuk anak. Dengan cara ini, anak dapat lebih terbuka dan dekat dengan orang tuanya.

Beberapa upaya pencegahan kenakalan remaja di pemerintah yakni:

  1. Pengawasan ketat di sekolah
  2. Kampanye anti kenakalan remaja
  3. Sosialisasi bahaya dari kenakalan remaja
  4. Mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
  5. Membekali dengan pendidikan moral Mengkuatkan pengaruh agamaCara mengatasi kenakalan remaja, LGBT dan sex bebas di lingkungan sekolah hanya akan berhasil jika seluruh komponen yaitu guru, staf, pimpinan dan juga masyarakat sekitar sekolah dan keluarga turut aktif mendukungnya. Jika siswa sudah bisa merasa sekolah merupakan tempat yang nyaman maka kenakalan remaja dapat diminimalisir, ujar kepala SMK N 2 Lubuk Basung, Elson Candra Putra, S.Pd.Kemudian dari hasil Focus Group Discussion (FGD) Pencegahan Kenakalan Remaja, LGBT Dan Sex Bebas Di Lingkungan SMK Negeri 2 Lubuk Basung di hasilkan pakta integritas bahwa kami selaku Kepala SMK Negeri 2 Lubuk Basung, bersama-sama Masyarakat dan Pemerintah Daerah se-Kecamatan Lubuk Basung bersedia untuk:
  1.  Melakukan upaya-upaya pencegahan: a. agar peserta didik tidak terlibat dalam aksi kenakalan remaja, LGBT, Sex Bebas dan Narkoba di Lingkungan SMK Negeri 2 Lubuk Basung. b.agar peserta didik tidak terlibat dalam aksi demonstrasi atau unjuk rasa, tidak terlibat tawuran pelajar dan bentuk-bentuk perilaku yang melanggar hukum lain nya.
  2. Membangun komunikasi aktif pihak sekolah dengan tokoh masyarakat dan pemerintah setempat dalam rangka pengawasan, pencegahan dan pemberantasan kenakalan remaja, LGBT, Sex Bebas dan Narkoba di Lingkungan SMK Negeri 2 Lubuk Basung.
  3. Ikut serta dan berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di Lingkungan Sekolah, serta bekerjasama dalam usaha membangun ketaatan dan kesadaran hukum bagi peserta didik baik di lingkungan tempat sekolah maupun di lingkungan masyarakat
  4. Melaksanakan Pakta Integritas ini dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan rasa tangggung jawab

Focus Group Discussion (FGD) Pencegahan Kenakalan Remaja, LGBT Dan Sex Bebas Di Lingkungan SMK Negeri 2 Lubuk Basung Dan Penanda Tanganan Fakta Integritas Dengan Wakil Masyarakat Dan Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Agam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *